Selasa, 06 Agustus 2013

Jenis Batu Alam yang Perlu Anda Kenal

Beragam jenis batu alam telah banyak digunakan sebagai material atau ornamen dekorasi hunian baik interior maupun eksterior. Penggunaan batu alam untuk kebutuhan dekorasi rumah semakin populer dan diminati seiring dengan berkembanganya ide-ide tentang bagaimana membuat hunian menjadi tempat yang indah dan nyaman bagi seluruh anggota keluarga. Penggunaannya pun tidak hanya sebatas ubin untuk lantai atau dinding. Saat ini, beberapa jenis batu alam juga diminati sebagai material untuk membangun taman maupun kolam di rumah. Tujuannya tentu saja untuk memberikan sentuhan alami pada taman maupun kolam dan menambah nilai estetika demi keindahan dan kenyamanan sebuah hunian. 


Berikut kita bahas jenis-jenis batu alam yang perlu anda ketahui. 
  • Batu Templek
Batu templek, dikenal juga sebagai batu lempeng, merupakan salah satu jenis batuan andesit yang terbentuk dari aktivitas vulkanik dengan bentuk berupa lempengan atau lembaran. Warna paling dominan untuk batu templek atau batu lempeng ini adalah hitam walaupun ada sebagian yang hadir dengan warna coklat tua. Batu jenis ini telah digunakan selama bertahun-tahun terbukti dari banyaknya bangunan tua yang menggunakan batu jenis ini di bebarapa bagian bangunannya seperti dinding maupun tembok pagar.

Ada beberapa metode pemasangan batu templek yang digunakan oleh masyarakat saat ini. Yang pertama adalah metode konvensional yaitu dengan penampang luas berada di bagian luar. Biasanya metode ini digunakan untuk dinding atau bagian lain dengan luas tertentu dan batu templek terpasang menempel di atasnya. Metode kedua adalah memasangnya secara bertumpuk. Metode ini sering disebut sebagai susun sirih. Metode pemasangan kedua inilah yang saat ini sedang populer dan cocok untuk diaplikasikan pada taman atau kolam di rumah. 
  • Batu Candi
Anda tentu dapat dengan mudah menebak batu jenis ini. Batu candi merupakan jenis batuan yang biasa digunakan oleh nenek moyang kita untuk membangun candi-candi yang ada di Indonesia. Batu alam jenis ini merupakan salah satu jenis batuan beku yaitu batu yang terbentuk dari carian lava yang membeku. Batu ini berwarna hitam dan berpori. Namun demikian, batu candi terkenal sebagai batu yang dapat memiliki kekuatan cukup baik. Namun demikian, batu candi yang berpori ini cenderung mudah menyerap air sehingga dapat memicu tumbuhnya lumut.

Batu ini sesuai untuk diaplikasikan pada taman ataupun kolam di rumah. Jika anda ingin membangun taman dengan konsep taman Bali, anda biasanya memerlukan ornamen-ornamen taman yang terbuat dari batu candi. 
  • Batu Koral Sikat
Batu koral sikat adalah jenis batu alam yang butiran-butiran cukup kecil. Batu ini terdiri dari beberapa jenis yang berbeda yang merujuk pada nama alas batu seperti Flores, Alor, Bengkulu, Timor, dan Lampung. Masing-masing jenis memiliki ciri khas yang berbeda terutama dari segi warna.

Batu koral sikat dapat diaplikasikan untuk kebutuhan yang berbeda pada hunian. Batu ini dapat digunakan sebagai material untuk lantai, dinding dan lain-lain. Untuk kebutuhan taman, batu koral sikat dapat digunakan sebagai batu tabur pada taman kering. Batu ini juga dapat digunakan sebagai material untuk menciptakan mosaik karena warnanya yang beragam.

Selain jenis batu alam yang telah dijelaskan di atas, masih banyak jenis-jenis lain yang dapat anda gunakan dalam memperindah hunian anda. Jika anda membutuhkan batu alam dan jasa pasang batu alam untuk gedung, rumah, dan taman indah dengan batu alam yang menawan, silakan hubungi Willy Setiawan ( 081 578 575 809 ).
  • rss
  • Del.icio.us
  • Digg
  • Twitter
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Share this on Technorati
  • Post this to Myspace
  • Share this on Blinklist
  • Submit this to DesignFloat

0 komentar:

Posting Komentar